Tuesday 19 November 2013

Wow! 5 Info Unik Tentang Nyamuk

Nyamuk
Nyamuk Mengintai Manusia
IKOPINERS, tahukan musuh kita tiap harinya yang bikin gatal dan ngurangin darah? Nah ini dia.....

Nyamuk sering dianggap sebagai makhluk hidup yang biasa dan tidak penting. Namun, ternyata nyamuk itu sangat berarti untuk diteliti dan dipikirkan sebab di dalamnya terdapat tanda kebesaran Tuhan. Inilah sebabnya banyak loh keunikan dari nyamuk yang belum kita ketahui. Mau tau? Yuk langsung aja. Check This Out!

1.Ternyata Gak Semua Nyamuk Yang Menghisap Darah

Sebenarnya hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah, sedang nyamuk jantan tak menghisap darah, karena nyamuk jantan adalah vegetarian (menhisap nektar bunga).

Ada sekitar 2.500 jenis nyamuk tersebar di muka bumi. Sebagian besar darinya aktif pada waktu fajar dan senja, sementara sisanya di tengah hari. Binatang ini dilengkapi sinyal yang mengirim rasa kenyang ketika mereka menyedot darah. Ketika para peneliti di laboratorium mematikan sinyal itu, nyamuk mengisap darah hingga perut mereka meledak.

2. Nyamuk Juga Gak Makan Darah. Kok Bisa Ya?

Nyamuk betina menghisap darah pada saat bertelur, karena pada saat mengandung telurnya nyamuk betina membutuhkan banyak protein amino yang terdapat dalam darah.

Sebenarnya darah manusia mengandung sedikit asam amino, nyamuk lebih menyukai darah kerbau atau tikus, tapi karena manusia jumlahnya lebih banyak dan lebih mudah dihisap maka nyamuk lebih suka menghisap darah manusia.

3.HIV? Siapa yang takut!

Tak ada satu pun nyamuk yang akan mati karena AIDS. Orang yang terinfeksi HIV hanya memiliki sedikit sekali partikel virus pada aliran darahnya. Jika ada nyamuk yang mengisap darah orang itu, maka dengan sendirinya sistem pencernaan nyamuk akan membunuh virus tersebut. Mantab!

4. Kulit di gergaji...!!

Nyamuk tidak menusuk kulit dengan cara menghujamkan belalainya dengan tekanan. Di sini, tugas utama dilakukan oleh rahang atas yang setajam pisau dan rahang bawah yang memiliki gigi yang membengkok ke belakang.

Nyamuk menggerakkan rahang bawah maju-mundur seperti gergaji dan mengiris kulit dengan bantuan rahang atas. Ketika sengat diselipkan melalui irisan pada kulit ini dan mencapai pembuluh darah, proses pengeboran berakhir. Sekarang waktunya nyamuk mengisap darah.

5. Jadi, Sebab Rasa Gatal & Bengkak?

Sebagaimana kita ketahui, luka seringan apa pun pada pembuluh darah akan menyebabkan tubuh manusia me-ngeluarkan enzim yang membekukan da-rah dan menghentikan kebocoran. Enzim ini tentunya menjadi masalah bagi nyamuk, sebab tubuh manusia juga akan segera bereaksi membekukan darah pada lubang yang dibuat nyamuk dan menutup luka tersebut. Artinya, nyamuk tidak akan bisa mengisap darah lagi.

Akan tetapi, masalah ini dapat diatasi. Sebelum mulai mengisap darah, ia menyuntikkan cairan khusus dari tubuh-nya ke dalam irisan yang telah terbuka. Cairan ini menetral-kan enzim pembeku darah. Maka, nyamuk dapat mengisap darah yang ia butuhkan tanpa terjadi pembekuan darah. Rasa gatal dan bengkak pada titik yang digigit nyamuk diakibatkan oleh cairan pencegah pembekuan darah ini.

Ok guys, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua...!

0 comments:

Post a Comment