Tuesday 19 November 2013

Sejuta Manfaat Naik Turun Tangga. IKOPIN Banget Nih!

Hai IKOPINERS apa kabar? Semoga IKOPINERS selalu dalam keadaan sehat yah. amiin.. Udah sehat tapi tetep pengen sehat dan lebih sehat?? Harus, wajib kudu and mesti baca artikel yang satu ini. Oke??? Hmm.. Menelisik judul artikel kita kali ini, mungkin agak sedikit lebay gimana gitu. Apalagi liat kata sejuta nya. Walaupun manfaat yang akan kita jelaskan disini enggak akan sampai sejuta tapi percaya deh pasti bermanfaat buat IKOPINERS semua. Mau nge-share sedikit cerita nih, kenapa materi manfaat turun tangga yang kita bahas kali ini. Nah, awalnya terinspirasi dari kampus yang sangat kita banggakan IKOPIN tercinta, yang punya sebutan khusus 'Kampus Seribu Tangga' karena memang banyak banget tangga di IKOPIN yah walaupun kalau niat banget untuk ngitungin jumlahnya gak sampai seribu..hehehe.. sering banget denger keluhan mahasiswa-mahasiwi yang kecapean kalo mesti naik turun tangga tiap hari. Atau sempet ada yang berkhayal kalau tangganya pada berubah jadi eskalator? Lah, kaya nya cuma mimpi deh? Langsung aja kita bahas yah manfaatnya. Kita mulai ya, baca baik-baik. oke?

1. Meratakan Permukaan Perut Yang Terlihat Menumpuk

Siapa sih yang ga mau punya perut  rata tanpa tumpukan lemak di perut? Saya yakin IKOPINERS pasti mengidamkan bentuk tubuh ideal yang bisa meningkatkan kepercayaan dirikan. Para ahli mengungkapkan latihan total tubuh menantang seperti naik turun tangga yang dikombinasikan dengan diet sehat dan gaya hidup tepat bisa membantu mendapatkan ukuran pinggang yang diinginkan. Dalam melakukan aktivitas naik turun tangga mulai lah melakukannya sebanyak 5 sesi masing-masing 30 menit atau 6 sesi masing-masing 25 menit per minggu.

2. Mengurangi Stress

Saat IKOPINERS merasa marah atau stres, pasti sangat mudah untuk tergoda mengambil makanan yang  manis, menghisap rokok, atau menenggak secangkir kopi manis untuk “menelan” perasaan itu. Tapi, seperti yang IKOPINERS ketahui, semua hal itu tidak baik untuk kesehatan bila berlebihan. Cara ideal untuk mengatasinya adalah berolahraga. Saat IKOPINERS mulai merasa stres atau marah, cobalah untuk naik turun tangga satu hingga dua lantai atau jalan di sekitar kantor, gedung tempat sobat beraktifitas. Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan, berjalan kaki 10 menit bisa mendorong kekuatan mental.

3. Menciptakan Pikiran Yang Positif

Dengan naik turun tangga dalam waktu yang relatif teratur, IKOPINERS tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym, bahkan sedikit pergerakan saja sudah bisa membantu IKOPINERS terkoneksi dengan tubuh dan membantu mendulang energi. Berjalan kaki dengan naik turun tangga sejenak mengelilingi tempat sobat beraktivitas bisa membantu mencerahkan pikiran.

4. Menjaga Kelangsingan Tubuh

Untuk menurunkan berat badan kombinasi dari hal ini bisa menurunkan 0,5-1 kg berat badan per minggu serta mengurangi ukuran perut karena menciptakan defisit atau kehilangan kalori sebanyak 500-1.000 kalori. Meski begitu agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya dikombinasikan dengan makanan bergizi dengan nutrisi tinggi serta rendah kalori. Hal ini membantu orang merasa kenyang lebih cepat sehingga makan dalam porsi kecil.

5. Menguatkan Otot

IKOPINERS tak perlu takut akan osteoporosis, untuk mencegahnya cukupi kebutuhan akan kalsium serta lakukan latihan naik turun tangga. Apabila IKOPINERS sudah terlanjur menderita osteoporosis, maka sobat bisa memijakkan kaki dengan perlahan saja sambil minggu demi minggu meningkatkan intensitas serta kecepatan.

6. Memperkuat Jantung

Kegiatan ini terdengar sepele: naik tangga. Tapi aktivitas tersebut punya manfaat besar, yakni membakar kalori dan memperkuat jantung. Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan naik tangga bisa mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Menurut peneliti di University of Pennsylvania School of Medicine, naik tangga bisa membakar kalori 250 persen lebih banyak dibandingkan berenang dalam jangka waktu yang sama. Bila dibanding tenis, 150 persen lebih banyak, 63 persen dari bersepeda dan 23 persen dibandingkan berlari.

Para ahli terkemuka sekarang merekomendasikan bahwa orang yang ingin menurunkan berat badan mulai meningkatkan aktivitas fisik mereka. Hanya menjadi lebih aktif secara umum (seperti naik tangga, bukan mengambil lift, bergerak sekitar bukannya duduk diam, duduk bukan berbaring serta menunjukkan beberapa kegembiraan dan antusiasme, bukan kebosanan), adalah hal-hal yang lebih efektif membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh.

Nah, gimana manfaatnya? Ternyata bermanfaat banget kan naik turun tangga. Padahal itu sering kita anggap hal sepele namun ternyata manfaatnya luar biasa. Semoga dengan info ini IKOPINERS jadi lebih bersyukur kalo bisa melakukan aktifitas jalan di tangga setiap hari. Selain itu IKOPINERS harus terus beraktivitas, menjaga asupan makanan yang sehat, bergizi, seimbang dan jangan lupa istirahat yang cukup agar sobat tetap sehat dan bisa menjalankan aktivitas tanpa hambatan.

1 comments: