Wednesday 11 December 2013

PROFIL 107,9 FM SWARA RADIO IKOPIN JATINANGOR

SWARA RADIO IKOPIN, SWARADIO 107,9 FM IKOPIN
LOGO SWARA RADIO IKOPIN
IKOPIN - Swara Radio adalah radio komunitas yang didirikan oleh mahasiswa IKOPIN fakultas Sumber Daya Manusia (FMS) dengan bantuan dari beberapa pihak, Swara Radio berdiri pada tanggal 11-12 April 2003, dimana pada tanggal 11 Swara Radio didirikan, dan pada tanggal 12 Swara Radio pertama kali resmi mengudara di jatinangor. Swara Radio pertama On-air di Kawasan Perguruan Tinggi Jatinangor dengan frekuensi 92.8 Mhz, sekarang dengan adanya kebijakan resmi dari KPID Jawa barat, Swara Radio berpindah frekuensi menjadi 107.9 fm.
Swara Radio 107.9 FM hadir sebagai alternatif media radio di kawasan perguruan tinggi jatinangor dengan waktu operasi 18 jam setiap harinya, Dengan total 23 program on air didalamnya, dimana 8 Program terdapat pada program Daily (Senin-Jumat) dan 15 di weekly (Sabtu-minggu), Dan Swara Radio 107.9 FM merupakan radio dengan format Anak Muda dengan basis edukasi, informasi dan komunikasi dengan kemasan entertainment.
Namun seiring berjalannya waktu, Swara Radio menjadi radio komunitas terbuka yang beranggotakan mahasiswa IKOPIN, UNPAD, dan bahkan dari SMA sekitar lingkungan Jatinangor. Swara Radio Saat ini memiliki sekitar 20 anggota aktif dalam kepengurusan dan sekitar 25 orang calon crew baru yang masih dalam masa pelatihan.
Dengan mempunyai anggota dari berbagai kampus dan sekolah dijatinangor, membuat Swara Radio mempunyai keunggulan dari segi anggota, terutama pada Ide-ide kreatif  dan inovatif pada anggota tersebut, sehingga Swara Radio mempunyai beberapa acara unggulan pada program On Air dan Off Air.
Selain itu, saat ini Swara Radio juga bergabung dalam perkumpulan radio-radio komunitas di Bandung yang disebut dengan Forum Radio Kampus Bandung (FRKB). Di dalam FRKB ini radio-radio kumunitas dari berbagai Universitas bergabung dan saling bertukar informasi mengenai  segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia penyiaran. Swara Radio sendiri ikut menjadi pengurus aktif di dalam FRKB, di kepengurusan tahun ini salah satu anggota yang mewakili Swara Radio dipercayakan sebagai Kordinator Wilayah radio komunitas Wilayah IV mencakup kawasan Jatinangor dan ini menjadi indikator eksisnya Swara Radio dalam FRKB itu sendiri.
SWARA RADIO IKOPIN
Announcer dan Studio SWARA RADIO IKOPIN 107.9 FM
Sapaan untuk pendengar swara radio sendiri yaitu “ Campus Mania “ karena, Swara Radio bertempat di kawasan perguruan tinggi jatinangor,  dan swara radio sangat terbuka bagi mahasiswa, pelajar, dan masyarakat yang ingin mengajukan kerjasama dalam bentuk media partner sebagai sarana publikasi dari event yang diselenggarakan, pengajuan tersebut dapat dikirim melalui email, yaitu : swara_radio@yahoo.com atau dapat menghubungi via twitter  dan SMS terlebih dahulu, yaitu di @swaradio1079  / 0857 2111 1079
Studio Swara Radio sendiri  beralamatkan di Kawasan Perguruan Tinggi Jatinangor, Jalan Raya Jatinangor KM 20.5 Bandung – Sumedang 40600, Gedung FMS Timur Lt. 2 Kampus IKOPIN.

Sumber: Swara Radio IKOPIN 107.9 FM

0 comments:

Post a Comment