Thursday 26 December 2013

Pendidikan Berkualitas sebagai Upaya Pembangunan Bangsa Indonesia

Pendidikan Berkualitas sebagai Upaya Pembangunan Bangsa Indonesia
Oleh:
Inni Da'aotu Jiharan
 
       Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keunggulan komparatif ungkap David Ricardo, memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah dan kekayaan populasi penduduk. Hal tersebut sepantasnya membawa Indonesia menuju kemakmuran, pernyataan itu seolah retorika dan memiliki nilai kontradiktif, karena  Indonesia masih tercatat sebagai negara berkembang, Indonesia masih memiliki tingkat koruptor tinggi,, Indonesia masih memiliki tingkat kriminalitas tinggi,dan  Indonesia masih memiliki kesenjangan ekonomi.
     Dari sejumlah masalah tersebut, sejatinya Indonesia memiliki hak untuk melakukan perbaikan menuju kearah masa depan yang lebih baik. Akar permasalahan berasal dari sumberdaya manusia Indonesia, perlu adanya keunggulan yang harus dimiliki oleh masyarakat  Indonesia. Keunggulan sebagai ciri khas dan mencerminkan karakter serta jati diri bangsa. Salah satu faktor terpenting dalam membangun sumberdaya manusia yang unggul  adalah bersumber dari pembentukan pola pikir, sudut pandang, dan paradigma masyarakat  Indonesia, pembentukan ke tiga hal tersebut adalah salah satu siklus dalam proses pendidikan.
       Dalam konseptualnya, Indonesia memiliki UUD pasal 31 ayat 1 yang menyatakan bahwa “setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan”, Indonesia memiliki slogan wajib belajar 9 tahun, namun dalam pengaplikasiannya hanya sebagian kalangan yang dapat menikmati pendidikan, selebihnya masyarakat anak-anak Indonesia tidak mengenyam pendidikan karena berbagai alasan.
      Dewasa ini, istilah untuk pendidikan di transformasikan sebagai proses pemberian ilmu secara formal dan kaku, proses pendidikan menurut UU No.20 tahun 2003 merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.
    Pendidikan memiliki implikasi terhadap perubahan bangsa, perubahan bangsa yang positif didukung oleh indikator pendidikan yang berkualitas. pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang bersinergi dengan tujuan bangsa Indonesia yaitu adanya upaya “ mencerdaskan bangsa”. Karena, bangsa yang cerdas adalah bangsa yang berkarakter, memiliki motivasi serta motif yang kuat untuk melangkah maju dalam masa depan Indonesia yang gemilang.
        Pendidikan yang berkualitas dapat mentransformasi ilmu antara penyampai ilmu( guru) terhadap peserta didik sehingga terbentuk pemahaman, pola pikir dan paradigma wawasan peserta didik sebagai generasi muda yang merupakan subjek dalam pembangunan bangsa, dalam hal ini kualitas pendidikan akan menentukan proses pendewasaan diri peserta didik untuk dipersiapkan menjadi seorang pemimpin untuk dirinya, keluarganya, agamanya, dan bangsanya.
Faktor- faktor dalam membentuk pendidikan berkualitas adalah :
1.    Sarana prasarana yang mendukung,
2.    Profesionalisme tenaga pengajar,
3.    Sentuhan teknologi,
4.    Pembelajaran mengutamakan ahlak mulya,
5.    Pembelajaran untuk memiliki kepekaan sosial,dan
6.    Lingkungan yang memotivasi peserta didik.
       Kualitas pendidikan adalah prioritas bangsa Indonesia saat ini sebagai upaya pengumpulan energi dalam menghadapi tantangan global sehingga simpul mata dunia mencerminkan kondisi bangsa sesungguhnya yaitu Indonesia adalah bangsa yang cerdas , maju dan memiliki daya saing.
     Tak jemu untuk mengatakan bahwa  betapa pentingnya pendidikan untuk kemajuan bangsa, karena pendidikanlah yang akan melahirkan budaya bangsa , pendidikanlah yang akan melahirkan subjek/pelaku yang memberikan pengaruh untuk pembangunan bangsa dan pendidikan yang akan melahirkan pemimpin bangsa.

Daftar Pustaka:
1.    Pidarta, prof. Dr. Made.2004. manajemen pendidikan indonesia  Jakarta : PT Rineka cipta.
2.    Sayapbarat.wordpress.com/2007/08/29/ masalah–pendidikan–di-Indonesia.

0 comments:

Post a Comment