Wednesday 20 November 2013

Serunya Mabim dan LDK HIMA D3 2013

Jatinangor - Pembahasan kali ini Min Ho mau ngebahas tentang LDK 2013 yang baru saja berlangsung, pasti pada penasaran banget ya kan? Langsung aja. Check This Out!

Sebelum nya nih kalian tau gak sih HIMA D3 itu apa? Yang tau pasti waktu PPA pada merhatin kakak – kakak nya yang sosialisasi organisasinya nih, nah tapi kalo yang gak tau  halloooowwwwwww waktu PPA kemana aja nih??? wah bahaya nih sobat,  jangan-jangan waktu sosialisasi ada yang pada tidur lagi..hahaha

Yup,  HIMA D3 itu himpunan mahasiswa Diploma 3 (D3) IKOPIN, untuk kepengurusannya sendiri berasal dari mahasiswa-mahasiswi D3 IKOPIN yang telah mengikuti PPA, MABIM & LDK. jadi buat yang gak ikutan PPA, MABIM & LDK pasti nyesel banget deh, soalnya gak bisa eksis di HIMA D3. Selain itu juga pengalaman organisasi nya pasti berkurang deh.

Nah, ngomong – ngomong tentang  MABIM & LDK buat kepengurusan organisasi HIMA D3, kali ini kita dapet berita nih dari HIMA D3 yang katanya sih lagi ada kegiatan MABIM & LDK , Yuk kita cari tau yuk MABIM & LDK di D3 itu kaya gimana !   

Yang  ini agak serius ya kawan – kawan, narasumber nya langsung nih dari Ketua Pelaksana MABIM & LDK yaituuu....... Jrenggggg, Jreengggg, Jreeenggggggggg Ramdan Firdaus, Nah lho siapa ya Ramdan Firdaus ini? Ramdan Firdaus adalah salah satu mahasiswa IKOPIN tepatnya dari Diploma 3 semester 3 angkatan 2012.

Tema yang diangkat kali ini apa yaa? mau pada tau gak? pasti pada penasaran banget kan? Okee, okee, Min Ho kasih tau ya IKOPINERS, di Mabim (Masa Bimbingan) dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) D3 Angkatan 2013 sekarang ini bertemakan  “Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) kita ciptakan mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, kebersamaan, serta kepekaan antar sesama”. Wah, tema nya bagus banget ya sobat, pasti banyak banget kan manfaat nya.

Meunrut ketua pelaksananya langsung nih ya, Tema kali ini diangkat bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan di dalam diri mahasiswa baru agar kelak dapat meneruskan  kepengurusan HIMA D3, serta diharapkan memiliki rasa kebersamaan dan solidaritas pada mereka meskipun terdiri dari berbagai macam suku. Sementara itu, maksud dan tujuan dilaksanakannya Mabim (Masa Bimbingan) dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) adalah mengkaderisasi mahasiswa angkatan 2013 dan 2014, untuk  reorganisasi kepengurusan HIMA D3, membentuk jiwa kepemimpinan, kepekaan antar sesama dan memiliki jiwa kebersamaan dan menciptakan budaya disiplin dikalangan civitas akademika IKOPIN . Wowwww, kegiatan ini banyak sisi positifnya ya, sobat !!!

Kegiatan ini dilaksanakan gak maen-maen sobat, ada penanggung jawab nya juga lho dari pihak kampus, mau tau? Yuk kita liat yaaaa....

Penanggung jawab I dalam kegiatan ini sendiri yaitu langsung dari Rektor IKOPIN  Bapak  Dr. (HC). Ir. Burhanuddin Abdullah, MA. Penanggung jawab II yaitu Agus Arifin,SE., M.Si., Ak.  Dan Penanggung jawab III adalah prodi D3 sendiri yaitu Direktur Program Studi D3 Ir. Nurhayat Indra, M.Sc. Nah untuk penanggung jawab mahasiswanya yaitu Ketua HIMA D3 yaitu Teguh Adi Jaya. Nah keliatan kan sobat, kegiatan ini itu gak semata – mata kegiatan yang biasa aja di lakukan sebelum reorganisasi biasa tapi kegiatan ini bener – bener di dukung sama pihak kampus nyaa juga lho, jadi RESMI BEGETE !!!

Selain penanggung jawabnya, udah pasti ada panitia – panitia yang terlibat dong, nah  ini nih orang – orang eksis di HIMA D3 IKOPIN ini, yuk kenalan yuk... Yang mau kenalan terusin bacanya ya!

Ketua Pelaksana nya Ramdan Firdaus (Angkatan 2012),  tugas nya mengawasi semua kinerja panitia – panitia selama MABIM & LDK nih. Di  HIMA D3 sendiri dia menjabat sebagai Wakil Ketua HIMA D3. Sekretaris Jeany Pramutyasari (Angkatan 2012),  tugasnya buat surat – surat , proposal dan lain – lainya, ini orang yang eksis depan laptop nya sendiri sih. Haha. Bendahara Mega Sylvia (Angkatan 2012),  Mmmm ini orang yang paling banyak uang kalii yaaa? hehe. Alias tukang ngumpulin plus pegang uang HIMA D3 . Panitia  yang lebih lengkapnya terdiri dari; seksi acara yaitu Triya Puji Lestari, yang eksis plus riweuh kesana-sini dan tentunya paling rame, eksis dan terkenal. Haha.. Triya  juga di bantu sama kakak – kakak senior  dari angkatan 2011  yaitu Istifaizah dan Refi Silvianti. Seksi publikasi dan dokumentasi yaitu Risyani Rahayu dan Yuda Firdaus. Nah, ini-ini orang yang suka jepret sana-sini. Seksi Konsumsi  yaitu Fitri Rizkiyah dan Indra Adi Permana, ini orang yang baik – baik banget di MABIM & LDK karena tugasnya  memberi panitia dan yang lainnya  makan. Seksi Logistik adalah Moch. Ramadhan Eka Putra dan Ginanjar Dwi Yanuar. Seksi Humas yaitu  Mina Elyani, Muhamad Jaenudin  dan Abdul Munir. Seksi Kesehatan yaitu Ragil Pratiwi dan Cahyawati. Pemandu yaitu Dani Suprihat, Ani Andriani, Lia Amelia, M Ivan Rinaldi dan Asep Saeful Bahri. Mereka yang paling deket sama peserta – peserta MABIM & LDK nih sobat. Lanjut ke  Komisi Disiplin (Komdis) yang biasanya paling di takutin sama  mahasiswa baru  nih, ada Kiki Dwi Jaya, R. Noor Leila Sari, Hilman Tamzis dan Wardah Widya Mutiara, padahal sebenernya orang – orang itu pada baik semua kok. Oke itu dia pantia dan orang-orang yang terlibat di MABIM & LDK tahun ini, pada kenal gak ? Tentunya sudah pada kenal kan ???

Oiaaaa sobat, Pembukaan Mabim dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) itu sendiri dilaksanakan pada  Jum’at ,4 Oktober 2013  Pkl 15.00 s/d selesai di gedung D3 IKOPIN. Dan pelaksanaan kegiatan Pramabim selama 3 hari dari Senin, 7-9 oktober 2013 , Mabim nya itu sendiri dimulai pada hari Kamis, 10-24 Oktober 2013 dan acara puncak nya atau LDK nya dilaksanakan pada 26 dan 27 Oktober 2013. Wahhh, acara bener –bener seru kan? Pasti pada pengen ikutan.

Mabim dan LDK tahun angkatan 2013 ini diikuti oleh mahasiswa baru D3 angkatan 2013 sebanyak 23 orang dengan dibagi menjadi 6 kelompok, ada kelompok Wiro sableng, Bara Kuda, Lactobacilus Casei, Bara Bere, Woles dan yang terakhir adalah kelompok Ghotik. Lah kok pada unyu-unyu gini yah nama kelompoknya? Mereka itu a good team loh, karena bener – bener kompak. Untuk MABIM & LDK sekarang responnya sangat baik dan rasa antusiasme dari mahasiswa barunya pun sangat baik. Karena sejauh ini peserta Mabim dan LDK itu sendiri tidak banyak melakukan kesalahan dan pelanggaran yang fatal.

Kegiatan selama mabim dari tanggal 7-24 Oktober itu sendiri terdiri dari Pengabsenan dan pengecekan atribut pada pagi dan sore hari. Pembuatan buklet HIMA D3, Pembuatan artikel dengan tema berbeda tiap minggunya dan hasilnya bisa sobat liat di mading D3 dan pastinya karya – karya mereka itu sangat keren dan kreatif banget sobat!

Pola pengasuhan juga ada di hari-hari tertentu. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan peserta dengan panitia, menambah wawasan peserta, dan yang lebih oke lagi di pola pengasuhan ini kita bisa ngerjain tugas kampus bareng – bareng plus di bantu sama kakak - kakak tingkat  yang pasti nya banyak banget ngebantu mereka. Selain itu juga sobat, dihari Sabtu kegiatannya pun berbeda dengan hari-hari biasanya lo dan pastinya sangat – sangat seru yaitu di pagi hari berolahraga bersama, sarapan dan makan siang bersama serta diskusi dan lomba debat. Selain menambah kebersamaan antar junior dan senior kegiatan di hari sabtu ini juga sangat menyehatkan, happy dan bermanfaat.
Harapan kedepanya nya nih sobat, setelah diselenggarakannya MABIM & LDK itu adalah mudah-mudahan setelah diadakannya kegiatan ini para mahasiswa baru dapat memiliki pola pikir yang maju sebagai calon pemimpin dan mampu menghadapi masalah, memiliki kepekaan terhadap sesama serta  tumbuhnya loyalitas. Catet!

Well, sekian informasi penting dan seru kali ini sobat. See youu byee, byeeee, semoga kita menjadi orang yang sukses segala hal ya sobat.

Ini nih salah satu kegiatan kegiatan MABIM & LDK di hari Sabtu nih. ada olahraga bersama , sarapan bersama, makan siang bersama, games dan diskusi atau debat antar peserta yang tentunya merupakan hal – hal positif  ya.
MABIM 2013 HIMA D3
Kegiatan Mabim dan LDK 2013 HIMA D3
Senam bersama, Ini kegiatan sabtu pagi, olahraga bersama antara panitia dan peserta. Selain bertujuan untuk membuat badan kita sehat, kegiatan ini di lakukan untuk menamnbah kedekatan antara panitia dan peserta. Di jamin asik dan gak boring kan ???

Sumber: Panitia Mabim Hima D3

1 comments:

  1. gan.. saya anak D3 ikopin angkatan 2014. ijin copas tulisan nya yah :v

    ReplyDelete